Teleskop Pencari Asteroid

Posted by

Berapa banyak manusia pintar, siapa yang paling cerdas. Siapa saja yang masuk kategori sangat super jenius. Manusia dengan IQ rata-rata lebih umum, tapi manusia dengan IQ paling tinggi amat jarang.  Dikatakan jenius bila seseorang memiliki IQ 130 atau lebih.

Namun apalah artinya jika kecerdasan dan kepintaran serta kejeniusan mereka tidak bisa menghindarkan , kehancuran sebuah kota oleh meteor sperti halnya terlihat di film sain fiksi atau cerita novel. 

Penelitian terbaru menyebut bumi sangat rentan dengan jatuhnya meteor dari ruang angkasa. Setiap meteor yang jatuh jarang terlihat sampai ke bumi jangankan sampai , terlihat secara kasat mata pun jarang karena ukuran mereka yang cukup kecil.

Tetapi beberapa cukup besar seperti meteor yang jatuh di Rusia. Ilmuwan mengatakan tabrakan meteor memiliki resiko 10x lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya.

Kedatangan meteor ukuran kecil tidak bisa di prediksi dan mendadak sudah jatuh ke bumi. Karena meteor ukuran kecil sangat sulit bahkan tidak mungkin diamati.

Sebuah yayasan B612 yang di dirikan mantan astronot Nasa akan meluncurkan satelit untuk peringatan dini. Sentinel Space Telescope Mission atau teleskop khusus untuk memindai meteor akan diluncurkan tahun 2018. Teleskop NEO Surveyini dapat mencatat kemana arah orbit asteroid.

Melakukan pengamatan dekat orbit planet Venus Sentinel Space Telescope akan mencatat arah setiap pergerakan asteroid. Dan dalam 6.5 tahun akan mencari dan melihat lintasan 90% asteriod dengan ukuran lebih dari 150 meter. Target teleskop ini mencari 500.000 benda di ruang angkasa, dan memutari matahari setiap 7 bulan sekali.


Blog, Updated at: 11:24 AM

0 comments:

Post a Comment