Batu Meteor

Posted by

Batu meteor termasuk sejenis bebatuan yang asal mulanya bukan dari bumi, yakni di luar angkasa. Seperti kita ketahui, fenomena luar angkasa memang selalu menjadi daya tarik tersendiri khususnya untuk para peneliti. Namun tak menutup kemungkinan juga banyak menarik perhatian masyarakat pada umumnya. Batu meteor hitam merupakan sebuah bongkahan atau pecahan benda yang berasal dari luar angkasa, dengan nama meteorit. Awalnya, meteorid mempunyai ukuran begitu besar. Akan tetapi, saat memasuki lintas bumi lalu melewati atmosfer, batu ini menimbulkan sebuah gesekan dan tekanan yang begitu tinggi.


Nah, akibat gesekan atau tekanan inilah meteorit akhirnya pecah hingga berkeping-keping. Akhirnya, meteorit terbakar lalu terpecah dengan terbagi hingga beberapa bagian yang ukurannya bervariasi. Tentu kita dapat membayangkan, seberapa besarnya ukuran dari meteorit tersebut, karena pecahan kepingannya saja bisa menghasilkan bebatuan dengan ukuran yang masih tergolong besar. Di tambah lagi, jarak luar angkasa dan bumi yang dapat ditempuh hingga ribuan tahun cahaya. Hal inilah yang membuat fenomena dari luar angkasa begitu menarik perhatian banyak orang. Itulah, sejarah terbentuknya sejenis batu meteor.

Sebenarnya, pecahan dari meteorit itu sendiri tidak semua menjadi batu meteor yang jatuh ke bumi. Karena ada sebagian pecahan meteorit yang terbakar dan ada yang jatuh ke bumi. Nah, pecahan yang jatuh ke bumi inilah yang dinamakan bebatuan meteor ini. 

Saat meteor sendiri melintasi langit, ada sebagian meteor yang dapat terlihat oleh mata telanjang dan ada juga yang tidak. Meteor yang begitu terlihat jelas terutama saat malam hari. Sementara, di Indonesia sendiri banyak orang yang menyebut meteor ini dengan nama bintang jatuh. Hal ini dikarenakan meteor yang melintas jika terlihat dari jarak yang jauh seperti bintang.


Blog, Updated at: 2:02 AM

0 comments:

Post a Comment